Jurnal Pijar MIPA
Vol. 15 No. 5 (2020): Edisi Khusus Penelitian Pengembangan Pengkajian Ilmu dan Pengajaran MIPA

Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbentuk Majalah Berbasis Berpikir Kritis Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI Sekolah Menengah Atas

Noprika Hariadi (Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas FKIP Universitas Riau Pekanbaru, Indonesia)
Rasmiwetti Rasmiwetti (Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas FKIP Universitas Riau Pekanbaru, Indonesia)
Sri Haryati (Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas FKIP Universitas Riau Pekanbaru, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan untuk 1) mengembangkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbentuk Mjalah Berbasis Berpikir Kritis Pada Materi Laju Reaksi yang layak dari aspek kelayakan isi,berpikir kritis,bahasa,penyajian serta kegrafisan; 2) mengetahui respon pengguna terhadap produk yang dihasilkan prosedur penelitian pengembangan menggunakan model 4-D (Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan dan Penyebaran). Namun penelitian hanya dilakukan hingga tahap pengembangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) LKPD berbentuk majalah berbasis berpikir kritis yang dikembangkan dinyatakan layak sebagai bahan ajar oleh validator dengan persentase rata-rata nilai 92,72%  2)  respon pengguna terhadap LKPD yang dikembangkan berada pada dikriteria 94,23% oleh guru dan 88,75 oleh peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh simpulan LKPD yang dikembangkan telah layak serta bisa dipakai dalam proses pembelajaran. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Mathematics Physics

Description

Jurnal Pijar MIPA (e-ISSN: 2460-1500 & p-ISSN: 1907-1744) is an open-access scientific periodical journal published by the Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram. Jurnal Pijar MIPA publishes original articles on current ...