Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah keterampilan menulis ringkasan siswa yang rendah. Hal ini disebabkan karena siswa kurangnya minat siswa, penguasaan kosakata, media dan strategi pembelajaran yang digunakan kurang menarik, kurangnya kegiatan latihan menulis ringkasan, kurangnya rasa percaya diri siswa untuk bertanya apabila mengalami kesuslitan. Solusi yang ditawarkan oleh peneliti adalah supaya metode drill dijadikan sebagai salah satu alternatif guru dalam meningkatkan keterampilan menulis ringkasan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana keterampilan menulis ringkasan peserta didik kelas III melalui metode pembelajaran drill di SDN Kembang 01. Tujuan dalam penelitian ini adalah adalah untuk menganalisis keterampilan menulis ringkasan peserta didik kelas III melalui metode pembelajaran drill di SDN Kembang 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah kelas III SDN Kembang 01 yang terdiri dari 23 siswa. Subyek penelitian adalah 14 siswa kelas III SDN Kembang 01 tahun pelajaran 2020-2021. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode pembelajaran drill keterampilan menulis ringkasan di kelas III SDN Kembang 01 mengalami peningkatan yang dapat dilihat berdasarkan daftar nilai keterampilan menulis ringkasan sebelum dan sesudah penerapan metode drill. Kesimpulannya, bahwa melalui metode pembelajaran drill keterampilan menulis ringkasan di kelas III SDN Kembang 01 meningkat. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya metode drill dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam meningkatkan keterampilan menulis.Kata Kunci: keterampilan menulis, ringkasan, metode drillĀ 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022