Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi
Vol. 5 No. 1 (2022): MISI Januari 2022

PENGEMBANGAN APLIKASI PENILAIAN PEMBELAJARAN DARING (E-LEARNING) BERBASIS WEB

Muhammad Khatami Akib (Unknown)
Ratna Shofiati (Universitas Trisakti)
Ahmad Zuhdi (Universitas Trisakti)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2022

Abstract

Pada pembelajaran secara daring (online) terjadi beberapa pergeseran dalam melakukan evaluasi  terhadap proses pembelajaran yang dilakukan.  Salah satu yang jelas dihadapi terutama saat pandemi adalah ujian tidak dapat dilakukan di sekolah atau kampus.  Permasalahan tersebut mendorong tenaga pendidik untuk mencari cara agar ujian dapat dilakukan tepat waktu, mudah untuk digunakan oleh guru maupun siswa, serta jujur.  Agar evaluasi pembelajaran dapat dilakukan dengan jujur, maka diperlukan metode dimana soal-soal yang akan keluar saat ujian dapat diacak sehingga dapat mengurangi aktivitas kecurangan yang dilakukan siswa ketika ujian.  Metode Linear Congurential Generators adalah salah satu metode yang populer untuk sistem pengacakan soal. Pengembangan Aplikasi penilaian pembelajaran berbasis web menggunakan PHP sebagai bahasa programdan sudah berhasil dalam mengacak soal ujian.  Aplikasi dilakukan ujicoba terhadap guru dan siswa di SMAN 17 Makassar dengan poin penilaian kemudahan membuat kuis, user friendly, kemudahan dalam membuat penilaian, dan user interface yang menarik.  Rata-rata penilaian terhadap aplikasi adalah 88,33% guru dan 90,2% siswa memberikan penilaian setuju dan sangat setuju.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

misi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

MISI (Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi) diterbitkan oleh LPPM STMIK Lombok sebagai wadah untuk mempublikasikan artikel tentang pengetahuan baru dan penelitian dengan isu terkini yang berkaiatan dengan teknologi informasi, dengan topik Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, ...