Penelitian ini bertujuan tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan bentuk prototype pembelajaran IPA berbasis keunggulan potensi lokal Sukoharjo hasil pengembangan pada materi wujud benda dan perubahannya bahan ajar praktikum IPA berbasis keunggulan lokal Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dilakukan di SD se-Kecamatan Bendosari Tahun Ajar 2017/2018. Dalam penelitian ini teknik pengembangan hanya pada pengembangan desaign bahan ajar praktikum IPA berbasis keunggulan Lokal Sukoharjo. Subjek penelitian ini adalah para guru mata pelajaran IPA di Kecamatan Sukoharjo. Metode yang digunakan pada penelitian ini melalui metode wawancara dan penilaian validasi produk bahan ajar praktikum IPA berbasis keunggulan Lokal Sukoharjo. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa 1)desain bahan ajar praktikum IPA berbasis keunggulan lokal Sukoharjo di Sekolah Dasar terdiri dari 3 tahap. Pada tahap pertama yaitu menentukan produk-produk keunggulan Sukoharjo yag relevan pada pembelajaran IPA di SD. Tahap kedua, menentukan langkah-langkah praktikum IPA pada materi Wujud benda dan perubahannya. Tahap ketiga yaitu desain cover bahan ajar berbasis keunggulan lokal Sukoharjo di Sekolah Dasar. 2)Hasil validasi Desain bahan ajar praktikum IPA berbasisi keunggulan lokal Sukoharjo menunjukkan dapat dirata-rata menjadi 38 dalam kategori Baik, artinya Prototype bahan ajar praktikum berbasis keunggulan lokal Sukoharjo dapat digunakan akan tetapi masih perlu beberapa bagian yang perlu adanya perbaikan
Copyrights © 2018