Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 4 (2020): December

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Pendekatan Saintifik dan Model Discovery Learning

Sri Mulyati (Universitas Veteran Bangun Nusantara)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS, kompetensi dasar mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia pada siswa kelas IV SD N 3 Wonoboyo Wonogiri dengan pendekatan saintifik dan model discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang menerapkan dua siklus. Pada pra Siklus pembelajaran dilaksankan menggunakan pendekatan saintifik model konvensional dengan media gambar, dan siklus pertama dan kedua pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan model discovery learning. Hasil penelitian dari pra siklus, siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan peningkatan ketuntasan proses pembelajaran dari 69,50%, menjadi 81,25%, meningkat lagi menjadi tuntas 100%, ketuntasan hasil belajar menunjukkan dari 60,62% menjadi 68,12%, meningkat lagi menjadi 100%, dan ketuntasan pada keterampilan mengidentifikasi menunjukkan hasil dari 56,25%, menjadi 81,25%, meningkat menjadi tuntas 100%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Edudikara

Publisher

Subject

Other

Description

Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran merupakan jurnal ilmiah berskala nasional yang dikelola oleh Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia cabang Surakarta (IPTPI Surakarta). Edudikara terbit berkala per 3 bulan sekali, yakni Maret, Juni, September, dan ...