MES: Journal of Mathematics Education and Science
Vol 7, No 2 (2022): Edisi April

EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK DI DESA FEMNASI

Flaviana M.V Taus (Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Timor)
Selestina Nahak (Uniersitas Timor)
Yohanis Ndapa Deda (Universitas Timor)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep matematika pada permainan tradisional congklak di Desa Femnasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang yaitu 1 orang narasumber dan 2 orang anak yang bermain congklak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti, pedoman observasi, pedoman wawancara dan handphone. Berdasarkan penelitian analisis dan pembahasan dari permainan tradisional congklak, terdapat konsep-konsep matematika yaitu bangun datar yaitu persegi panjang  yang terdapat pada permukaan papan congklak dan persegi yang terdapat pada lubang-lubang congklak yang dibagi menjadi tiga bagian, bangun ruang yaitu setengah bola yang terdapat pada lubang-lubang papan congklak; transformasi  dalam hal ini refleksi/pencerminan yang terdapat pada lubang-lubang congklak yang saling berhadapan; konsep operasi hitung bilangan yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian yang terdapat pada cara bermain congklak;  serta pola bilangan  yang terdapat pada cara bermain congklak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mesuisu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MES (Journal of Mathematics Education and Science) diterbitkan secara berkala pada bulan April dan Oktober oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Sumatera Utara. Jurnal ini membahas tentang kajian dibidang pendidikan matematika, pembelajaran matematika berbasis ICT dan ...