FIRM: Journal of Management Studies
Vol 7, No 1 (2022): FIRM JOURNAL OF MANAGEMENT STUDIES

Pengaruh Persepsi Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Terhadap Layanan Go-Pay

Qovifah Damayanti (Unknown)
Syifa Fitriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2022

Abstract

Perkembangan teknologi menyebabkan masyarakat mulai mengenal sistem pembayaran menggunakan dompet elektronik (e-wallet) yang dianggap lebih efisien dibandingkan dengan sistem pembayaran tunai. Go-pay sejak awal munculnya memiliki pengguna aktif terbanyak dibandingkan dengan penyedia e-wallet lainnya. Pandemi covid-19 yang masuk ke Indonesia menyebabkan persaingan antar penyedia e-wallet semakin ketat, hal tersebut terbukti dengan tergesernya pangsa pasar Go-pay pada urutan ketiga sebesar 23% dan posisi pertama dimenangkan oleh Shopee-pay dengan pangsa pasar sebesar 26%. Kalah bersaingnya Go-pay disebabkan karena penyedia layanan ­­e-wallet lainnya menawarkan kelebihan yang lebih menguntungkan pengguna, serta masih ditemukan keluhan mengenai gagalnya promo digunakan, serta terlambat masuknya saldo Go-pay. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi konsumen terhadap layanan Go-pay, melalui pengujian variabel benefits, trust, self-efficacy, ease of use dan security terhadap persepsi dengan teknik analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan teknik purposive untuk pengambilan sampel dengan syarat responden pernah menggunakan Go-pay dalam kurun waktu 3 bulan terkahir. Hasil penelitian menunjukan nilai koefisien determinasi sebesar 40,8%. Benefits memiliki pengaruh yang positif signifikan. Trust, ease of use dan security memiliki pengaruh positif tidak signifikan, sedangkan self-efficacy memiliki pengaruh negatif tidak signifikan terhadap persepsi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

FIRM-JOURNAL

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

FIRM: Journal of Management (Print ISSN: 2527-5852; Online ISSN 2541-3473) is a scientific journal in the field of management that publishes scientific writings on pure and applied research as well as general commentaries on the development of theories, methods and related applied sciences. The ...