Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar fisika siswa SMA Negeri 7 Kupang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas SMA Negeri 7 Kupang yang berjumlah 31 orang. Subjek dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purpose sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor kecerdasan emosional untuk 31 peserta didik adalah 66,8. Sedangkan berdasarkan hasil analisis inferensial diperoleh persamaan regresi Y= 72,645+0,265X dengan sehingga ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas SMA Negeri 7 Kupang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022