JCOSE Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 4 No 1 (2021): JCOSE: Jurnal Bimbingan dan Konseling

PERBEDAAN EMOSIONAL ORANG TUA YANG MEMAHAMI IT DENGAN TIDAK MEMAHAMI IT DALAM MENDAMPINGI BELAJAR DARI RUMAH PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 4 KOTA TEGAL

Santi Puji Astuti (Universitas Pancasakti Tegal)
Sitti Hartiinah (Universitas Pancasakti Tegal)
Sukoco KW (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2021

Abstract

Perubahan kebijakan kurikulum pendidikan tersebut mengalami perubahan cara yaitu pada awalnya kegiatan belajar dilakukan secara tatap muka melainkan belajar dari rumah di dampingi orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi tingkat emosional orang tua yang kurang memahami IT dan memahami IT. Populasi yang dilakukan dalam penelitian ini sebanyak 70 Peserta didik, Karena seluruh populasi memiliki jumlah kurang dari 100 sehingga semua populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel. Penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif karena data yang penulis kumpulkan dianalisis menggunukan aplikasi SPSS IBM 25 dengan menggunakan uji pra syarat homogenitas dan normalitas. Analisis pengujian yang digunakian adalah uji t, uji t yaitu yaitu untuk menguji bagaimana pengaruh masing-masing variabel bebasnya secara sendiri-sendiri terhadap variabel terikatnya. Berdasarkan perhitungan analisis uji t Hasil output di atas menunjukkan nilai uji t nilai signifikansi 2 arah (t-tailed) 0.000 < 0.05 maka hipotesis nol (nihil) (Ho) dapat dinyatakan bahwa hasil dari uji t tersebut diartikan “Terdapat Perbedaan Emosional Orang Tua Yang Memahami IT Saat Belajar Dari Rumah Pada Peserta Didik Kelas VII Di SMP Negeri 04 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022. Saran yang diberikan dari hasil penelitian yang telah dilakukan kepada pembaca guru BK harus memiliki peran aktif membina peserta didik dalam mendampingi perkembangan emosional anak. Guru BK dapat membimbing tentang tingkat emosional orang tua perlu diperhatikan agar peserta didik mampu mengikuti belajar dari rumah dengan baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jkpancaksakti

Publisher

Subject

Other

Description

JCOSE (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is a journal consisting of several writings about the results of research and book review. JCOSE seeks to accommodate researchers, lecturers and students in the field of guidance and counseling to publish scientific work regularly every two times a year. ...