Perangkat pembelajaran ssangat penting digunakan dalam pembelajaran untuk menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran. Tujuan dari penleitian ini untuk memperoleh perangkat pembelajaran yang valid dan efektif, dan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan koneksi matematika siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Hasil tahap pendefinisian digunakan untuk merancang perangkat pembelajaran, selanjutnya draf hasil rancangan divalidasi dan diuji coba untuk melihat efektivitas perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang valid dan efektif disebarkan ke forum MGMP. Ujicoba dilakukan pada siswa kelas XI SMA Islam Al-Ulum Medan. Uji Coba dilakukan sebanyak dua kali pada dua kelas yang berbeda dengan materi yang sama. Hasil penelitian ini diperoleh perangkat pembelajaran yang valid dengan rata-rata total validitas RPP = 4,07, dan LKS = 4,17; Perangkat pembelajaran yang efektif dilihat dari ketercapaian ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa dalam batas toleransi yang ditetapkan dan respon siswa terhadap pembelajaran dalam kategori baik; dan Persentase peningkatan kemampuan koneksi matematika siswa meningkat sebesar 5,71% yaitu dari 80,00% menjadi 85,71%. Kata-kata kunci: Pengembangan Perangkat, Discovery Learning, Autograph, Kemampuan Koneksi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022