JURNAL PERSPEKTIF ADMINISTRASI DAN BISNIS
Vol. 1 No. 2 (2020)

PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA TRANSPORTASI ONLINE DI KOTA PONTIANAK

Januardi M. Diah (Politeknik Negeri Pontianak)
Abdullah (Politeknik Negeri Pontianak)
Charlyna S. Purba (Politeknik Negeri Pontianak)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga, kualitas pelayanan, promosi dan brand image terhadap keputusan penggunaan jasa transportasi online di Kota Pontianak (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Pontianak). Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan alat analisa regresi linier berganda. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan melibatkan 90 orang mahasiswa jurusan administrasi bisnis sebagai sampelnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan ada pengaruh yang signifikan 4 variabel yang digunakan, yakni variabel harga (X1), kualitas pelayanan (X2), promosi (X3) dan variabel brand image (X4) terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai R-square yakni sebesar 0,223 dan signifikan pada 0,000. Ini berarti, kontribusi variabel-variabel bebas terhadap variabel terikatnya sebesar 22,23%. Sedangkan sisanya sebesar 77,77% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan secara parsial, hanya variabel promosi (X3) yang tidak signifikan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam penggunaan ojek online yang mereka pilih (Y).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpab

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Perspektif Administrasi dan Bisnis is an open access journal and peer-reviewed that publishes either original article or reviews. This journal focuses on: Marketing, Human Resources, Financial, Management Information System, Entrepreneurship, Operation Management, Consumer Behavior, Service ...