Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 9, No 1 (2022): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PERAN GURU DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SDI KHALIFAH SERANG

Febby Zulyani (Universitas Ageng Tirtayasa)
Indhira Asih Vivi Yandari (Universitas Ageng Tirtayasa)
Daman huri (Universitas Ageng Tirtayasa)
Reksa Adya Pribadi (Universitas Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2022

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilandasi dari peran guru dalam merancang pembelajaran jarak jauh yang berbasis penguatan pendidikan karakter mandiri, peran guru dalam proses penguatan pendidikan karakter mandiri melalui pembelajaran jarak jauh, peran guru dalam melakukan evaluasi pendidikan karakter mandiri dalam pembelajaran jarak jauh. penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas IV. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan guru sudah mampu membuat rencana pembelajaran dengan baik serta dapat menjelaskan indikator-indikator karakter mandiri, dalam proses pelaksanaan penguatan pendidikan karakter mandiri melalui pembelajaran jarak jauh ini dilakukan kegiatan pembelajaran dimulai dari kegiatan pembuka, kegiatan inti hingga kegiatan penutup. Serta dengan melakukan evaluasi penilaian sikap khususnya pada karakter mandiri pada pembelajaran jarak jauh. Kata Kunci : Guru, karakter mandiri, pembelajaran jarak jauh

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Other

Description

Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret ...