Wirausahawan baru di kalangan mahasiswa membutuhkan dukungan kelembagaan untuk meningkatkan motivasi berwirausaha sebagai pilihan masa depan yang menguntungkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi berwirausaha bagi mahasiswa STIE IPWIJA yang memiliki visi dan misi manajemen dan kewirausahaan, pilihan generasi cerdas. Dengan adanya gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi berwirausaha bagi mahasiswa STIE IPWIJA diharapkan dapat lebih fokus kepada pihak-pihak yang terkait dalam meningkatkan motivasi berwirausaha bagi mahasiswa khususnya mahasiswa STIE IPWIJA. Penelitian ini menggunakan metode analisis data statistik deskriptif yang disajikan dalam bentuk Nett Promote Score (NPS), persentase angka tertinggi hingga terendah digunakan sebagai angka untuk menghitung NPS. Persentase setiap skor untuk setiap faktor yang mempengaruhi hasil akhir NPS. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa STIE IPWIJA yang terdiri dari semester 1 SD 7 yang berasal dari kelas reguler dan non reguler. Dalam penelitian ini digunakan 129 relawan mahasiswa yang terdiri dari 54% perempuan dan 46% laki-laki. Berdasarkan hasil analisis, faktor yang paling mempengaruhi motivasi belajar siswa adalah jejaring sosial dengan NPS 70, disusul dukungan institusional dengan skor 66. Kata kunci: mahasiswa, motivasi, wirausaha ABSTRACT New entrepreneurs among students need institutional support to increase entrepreneurial motivation and develop a profitable future. This study aims to describe the factors that influence entrepreneurial motivation for STIE IPWIJA students who have a vision and mission of Management and Entrepreneurship, the choice of the smart generation. With the description of the factors that influence entrepreneurial motivation for STIE IPWIJA students, it is hoped that it can be more focused for the parties involved in increasing entrepreneurial motivation for students, especially STIE IPWIJA students. This research uses descriptive statistical data analysis method which is presented in the form of Nett Promote Score (NPS), the percentage of the highest to the lowest numbers is used as a number to calculate NPS. The percentage of each score for each factor that affects the final NPS results. The population in this study were students of STIE IPWIJA consisting of semester 1 SD 7 who came from regular and non-regular classes. In this study, 129 student volunteers were used, consisting of 54% women and 46% men. Based on the results of the analysis, the factors that most influenced student motivation were social networks with an NPS of 70, followed by institutional support with a score of 66. Keywords: enterpreneurs, motivation, students
Copyrights © 2022