Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan
Vol 10, No 1 (2022): AGRILAN : JURNAL AGRIBISNIS KEPULAUAN

EFISIENSI PEMASARAN RUMPUT LAUT (Eucheuma cottoni) DI DESA WULLA KECAMATAN WULLA WAIJELU KABUPATEN SUMBA TIMUR

Apliani Mbangi (Program Studi Agribisnis, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba)
Elfis Umbu Katongu Retang (Program Studi Agribisnis, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba)
Elsa Christin Saragih (Program Studi Agribisnis, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2022

Abstract

Rumput laut merupakan salah satu komoditas unggulan dalam sektor perikanan. Distribusi komoditas rumput laut antara produsen dan konsumen tidak bisa dilakukan secara langsung dikarenakan terpencarnya lokasi produsen dan konsumen, maka dibutuhkan lembaga pemasaran untuk menghubungkan petani rumput laut dan konsumen akhir. Oleh karena itu, perlu diketahui sistem pemasaran yang digunakan dilihat dari saluran, margin, dan efisiensi pemasaran. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui saluran, margin, dan efisiensi pemasaran. Penelitian ini dilakukan di Desa Wulla Kecamatan Wulla Waijelu Kabupaten Sumba Timur. Pemilihan lokasi dipilih secara sengaja dengan pertimbangan bahwa DesaWulla merupakan salah satu sentra komoditas rumput laut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode analisis secara deskriptif dan analisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 pola saluran pemasaran di Desa Wulla yaitu: petani-pedagang pengumpul-pedagang besar-pabrik Surabaya, petani-pedagang pengumpul-pabrik (PT Astil), dan petani-pabrik (PT Astil). Adapun nilai margin dan efisiensi pemasaran dari setiap lembaga pemasaran yaitu: saluran pemasaran I nilai margin pemasaran Rp. 3000/kg dengan efisiensi pemasaran 4,78%, saluran pemasaran II nilai margin pemasaran Rp.2000/kg dengan efisiensi pemasaran 2,85% dan saluran III nilai margin pemasaran 0 dengan efisiensi pemasaran 1,66%. Dari perhitungan nilai efisiensi pemasaran saluran pemasaran III merupakan saluran paling efisien dengan nilai margin 0 dan nilai efisiensi 1,66%.

Copyrights © 2022