Insearch: Information System Research Journal
Vol 2, No 01 (2022): Insearch (Information System Research) Journal

Evaluasi IT Governance Menggunakan Framework COBIT 5 pada KPP Pratama Tasikmalaya

Hudaya, Fahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2022

Abstract

Dalam perusahaan di perlukan tata kelola yang baik untuk mendukung suatu aktivitas perusahaan demi mencapai sasaran visi dan misi perusahaan, dalam mencapai visi dan misi tersebut di perlukan suatu keselarasan antara strategi SI/TI dengan strategi bisnis. Dalam penelitian menggunakan tata kelola COBIT 5 (Control Objective for Information and Related Technology), dalam penelitian ini COBIT 5 di gunakan untuk mengukur tingkat kapabilitas interna perusahaan khusunya pada proses DSS01 (Deliver, Service and Support), DSS02, DSS04 dan DSS06. Dalam penelitian ini terdapat tahapan yang akan digunakan meliputi pemetaan RACI Chart (untuk pemilihan responden), Enterprise Goal (di pelukan visi dan misi perusahaan), kemudian dilakukan pemetaan kembali ke dalam IT-Related Goals (ITRG), lalu dilakukan identifikasi untuk melakukan evaluasi dari IT-Related Goals (ITRG), dan tahapan berikutnya pengukuran tingkat kapabilitas masing-masing proses. Pada penelitian ini, tata kelola COBIT 5 diterapkan kedalam Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tasikmalaya, hasil proses yang didapatkan diantaranya DSS01 pada level 4 dengan nilai persentase 86,6%; DSS02 pada level 4 dengan nilai persentase 85,8%; DSS04 pada level 5 dengan nilai persentase 97,4%; DSS06 pada level 5 dengan nilai persentase 95%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

insearch

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering Social Sciences Other

Description

Insearch focus on the dissemination of scientific research in the field of Information System and Information Technology. The journals scope includes but not limited to the following fields IS Development and Management, IS Project Management, IS Quality and Satisfaction Analysis, Enterprise ...