Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 5, No 1 (2021)

ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MEMBANGUN BRAND AWERENESS PADA INDSUTRI FASHION BRAND DENIM LOKAL DI BANDAR LAMPUNG

Hanindyalaila Pienrasmi (Universitas Bandar Lampung)
Fajar Aidil Nur (Universitas Bandar Lampung)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2022

Abstract

Dalam menjalankan suatu bisnis membangun brand awereness terhadap konsumen sangatlah penting, karena membangun brand awereness merupakan salah satu cara bagaimana perusahaan tersebut dapat mempengaruhi konsumen untuk peraama kali membeli produknya, dan membuat konsumen tersebut terus melakukan pembelian ulang. Fokus pada penelitian ini adalah perihal pemanfaatan  media  sosial instagram untuk membangun brand awareness pada produk lokal di industri fashion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial instagram dalam membangun brand awereness pada brand denim lokal yang ada di Bandar Lampung. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif guna menghasilkan kedalaman mengenai pemanfaatan instagram dalam membangun brand awareness pada produk fashion. Pengumpulan data dilakukan dengan mewanwancarai kepala toko masing-masing merek sebagai pengambil keputusan dan para pengelola akun instagram serta melakukan observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini memaparkan dalam memanfaatkan akun instagram, dari keempat brand tersebut hanya satu brand saja yang telah memenuhi enam faktor yang digunakan pada penelitian ini sebagai landasan dalam memanfaatkan media sosial untuk membangun brand awareness.walau secara belum maksimal. Keenam faktor tersebut adalah vividnes, interactity, informational content, entertaining content, position  dan valence of comment.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mediakom

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun, Juni dan Desember. Jurnal memuat artikel ilmiah hasil penelitian di bidang komunikasi secara luas, yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Jurnal ini diterbitkan oleh Bagian Publikasi Universitas ...