Wabah virus Covid-19 menyebar luas ke seluruh sektor kehidupan. Aturan pemerintah pada bidang pendidikan yang merupakan salah satu usaha mencegah penyebaran (Covid-19) adalah melakukan pembelajaran dengan metode jarak jauh yang dilaksanakan mulai tanggal 16 bulan Maret tahun 2020. Pada permulaan era pandemi Covid-19, berbagai opsi untuk pembelajaran dalam jaringan (daring) merupakan alternatif guru menciptakan komunikasi pembelajaran dengan siswa agar dapat mendukung terjadinya kegiatan pengajaran bagi siswa / siswi secara daring. Seiring dengan perkembangan pendidikan melalui media digital dimana mewajibkan seluruh siswa serta guru mempelajari teknologi, hal ini menyebabkan tantangan dalam kegiatan belajar mengajar. Contohnya dari salah satu mata pelajaran di Sekolah Menengah Atas yaitu Biologi, mata pelajaran ini memerlukan teori dan praktikum yang pada dasarnya membutuhkan bimbingan secara langsung dari guru yang bersangkutan. Pandemi Covid-19 memaksa praktikum Biologi dilakukan dari rumah masing – masing secara online, kendalanya adalah tidak adanya wadah atau aplikasi e-learning yang menampung materi praktikum dan tugas praktikum ini dalam satu aplikasi. Penelitian ini membuat rancangan user design untuk aplikasi e-learning. Banyak ditemui tampilan dan fitur pada aplikasi e-learning yang tidak menarik bagi pengguna. Oleh sebab itu pada penelitian ini dirancang sebuah aplikasi e-learning dengan model design thinking. Model ini merupakan metode kreatif karena pengembang aplikasi dapat menuangkan ide – ide mereka dan mengetahui yang dibutuhkan oleh pengguna. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah membangun user interface untuk praktikum Biologi dengan fitur materi, tugas, nilai dan catatan guru serta fitur chat dengan guru.
Copyrights © 2022