Edumaspul: Jurnal Pendidikan
Vol 6 No 1 (2022): Edumaspul: Jurnal Pendidikan

Analisis Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Gaby Maulida Nurdin (UniversitasSulawesi Barat)
Nur Amaliah (Unknown)
Siti Nurhalisah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan aplikasi google classroom sebagai media pembelajaran di masa pandemi covid-19 serta kendala penggunaan google classroom selama pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus. Data dikumpulkan melalui angket terhadap siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Tapalang, wawancara kepada guru, dan observasi kelas. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis hasil penelitian ini didapat bahwa, penerapan aplikasi google classroom sebagai media pembelajaran cukup efektif dan efisien untuk membantu pembelajaran daring. Penggunaan google classroom mudah diakses akan tetapi dampak yang diperoleh yakni sulitnya siswa dalam memahami pembelajaran sehingga terjadi penurunan hasil belajar yang dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal siswa. Kurangnya interaksi antara guru dan siswa melalui google classroom menyebabkan siswa lebih memanfaatkan internet untuk menjawab soal evaluasi. Kendala yang dihadapi yakni, keterbatasan paket internet, ketersediaan jaringan dan tidak semua siswa memiliki gawai seperti smartphone dan laptop.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

maspuljr

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edumaspul: Jurnal Pendidikan is first published in March 2017 and covers much research in all levels of education (primary, secondary, and higher education). Edumaspul: Jurnal Pendidikan become a CrossRef Member since the year 2019. Therefore, all articles published will have a unique DOI number. ...