Edumaspul: Jurnal Pendidikan
Vol 6 No 1 (2022): Edumaspul: Jurnal Pendidikan

Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajaran Rangkaian Seri Paralel Menggunakan Metode Praktikum

Restu Yudistira Putri (Universitas Jember)
Sudarti Sudarti (Unknown)
Trapsilo Prihandono (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2022

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran yang sesuai menjadi salah satu faktor tercapainya tujuan pembelajaran. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa yaitu metode praktikum. Keterampilan proses sains dibutuhkan untuk memperoleh, mengembangkan serta menerapkan konsep, hukum dan prinsip yang ada pada sains. Metode praktikum mendorong siswa untuk memahami materi bukan hanya pada teori tetapi juga meningkatkan kemampuan proses, kemampuan menganalisis, serta kemampuan siswa dalam menyimpulkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretes-posttest. Berdasarkan hasil observasi didapatkan presentase keterampilan proses sains siswa pada setiap indikator, yaitu mengamati 51,56%, mengklasifikasi 45,31%, mengkomunikasikan 43,75%, menarik kesimpulan 48,44%, dan memprediksi 45,31%. Pada saat menggunakan metode praktikum terdapat peningkatan keterampilan proses sains yaitu mengamati 64,06%, mengklasifikasi 59,38%, melakukan percobaan 73,44%, mengkomunikasikan 54,69%, menarik kesimpulan 53,13%, dan memprediksi 60,94%. Metode praktikum terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan perolehan N-gain 0,31 .

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

maspuljr

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edumaspul: Jurnal Pendidikan is first published in March 2017 and covers much research in all levels of education (primary, secondary, and higher education). Edumaspul: Jurnal Pendidikan become a CrossRef Member since the year 2019. Therefore, all articles published will have a unique DOI number. ...