AMBARSA
Vol. 2 No. 1 (2022): Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama

Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Berbasis Moderasi Beragama

Munir, Misbahul (Unknown)
Mahidin, La (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2022

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk Mendeskripsikan pelaksanaan implementasi model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Miftahul Ulum Trotosari Bondowoso. (2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Miftahul Ulum Trotosari Bondowoso. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya dari Guru akidah akhlak, Kepala Madrasah, dan Peserta didik. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan member check. Hasil penelitian 1) implementasi model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw yaitu dengan membuat perencanaan pembelajaran, RPP. Kemudian membentuk kelompok, diskusi kelompok, kuis dan reward. 2) Faktor pendukung yaitu: a. Kemampuan guru dalam menguasai model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw sudah baik, siswa aktif dalam mengikuti pelajaran, c. guru menggunakan alat pembelajaran berupa LCD proyektor sebagai media belajar sehingga belajar menjadi menarik dan motivasi belajar siswa meningkat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ambarsa

Publisher

Subject

Other

Description

Ambarsa adalah jurnal yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari untuk peningkatan out-put penelitian sivitas akademik. Jurnal ini memuat kajian pendidikan Islam secara teoritis dan praktis sekaligus juga kaitannya dengan berbagai disiplin keilmuan lain secara interdisipliner ...