Penelitian ini untuk menganalisis bagaimana cara penanganan serta kendala apa saja yang terjadi pada pembiayaan murabahah bermasalah akibat force majeure pada nasabah di PT BPRS Puduarta Insani. Metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang digunakan dalam penelitian. Sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik Pengumpulan data ini melalui data primer dan sekunder seperti wawancara dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada narasumber dan mengumpulkan data dokumentasi serta browsing internet. Hasil penelitian menunjukkan dalam menangani pembiayaan murabahah bermasalah akibat force majeure pada nasabah,dibagi menjadi beberapa tahapan, yaitu: Upaya penyelamatan dan upaya penyelesaian diantaranya ada surat peringatan, musyawarah dan restrukturisasi pembiayaan. Dan kendala penanganan pembiayaan bermasalah force majeure di antaranya adalah pergantian karyawan Account Officer yang dimana harus mempelajari si nasabah dari karyawan sebelumnya, nasabah belum memperoleh pekerjaan, adapun ketika pihak bank nasabah belum mendapatkan keuntungan atau hasil penjual tidak cukup, sehingga tidak dapat melaksanakan kewajibannya untuk membayar hutangnya.
Copyrights © 2022