Daya Saing : Jurnal Ilmu Manajemen
Vol 8 No 1 (2022)

ANALISIS PEMASARAN ONLINE, KUALITAS PRODUK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus pada UMKM Dinda Hayu Batik Kabupaten Sleman, Yogyakarta)

Agus Dwi Cahya (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Rama Yanuar Aldi (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Adit Raditya (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kondisi dari tentang opini konsumen terhadap variable bebas yaitu pemasaran online, kualitas produk dan kualitas pelayanan mana yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan keputusan pembelian pada UMKM Batik Dinda Hayu. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 60 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis. Dari hasil uji t varibel pemasaran online t hitung lebih besar dari t tabel yakni 4,227 > 2,003 dan kualitas produk t hitung lebih besar dari t tabel yakni 4,196 > 2,003 dan keduanya mempunyai nilai signifikasi < 0,05. Maka pemasaran online dan kualitas produk secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen. Sedangkan kualitas layanan t hitung lebih kecil dari t tabel yakni -0,824 < 2, dengan nilai signifikasi < 0,05. Maka kualitas layanan secara parsial berpengaruh negatif terhadap keputusan konsumen. Dari hasil uji f menunjukkan bahwa variabel pemasaran online, kualitas produk dan kualitas layanan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen dengan hasil f hitung lebih besar dari f tabel 8,896 > 2,769 dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dayasaing

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Other

Description

Jurnal Daya Saing (Online ISSN: 2541-4356 | Print ISSN : 2407-800X) published by Komunitas Manajemen Kompetitif. This journal published thrice in February, June and October. It contain the articles such as scientific papers (research and non-research), analytical studies, theoretical applications ...