ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan daya dan torsi pada sepedamotor matic dengan memodifikasi transmisi (transmission) dengan menggunakan sparepart racing pada motor matic yamaha xeon. . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar daya dan torsi yang di hasilkan dari sparepart racing yang di gunakan. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan cara studi literatur, tinjauan pustaka, serta perhitungan secara analisis dan dynotest. Sistem memodifikasi Transmisi (transmission) ini menggunakan Sparepart Racing. Hasil perhitungan menunjukan bahwa sparepart racing dapat membantu untuk menaikan daya dan torsi pada sepeda motor. Hasil pengujian dynotest menunjukan bahwa modifikasi transmisi (transmission) menghasilkan daya tertinggi sebesar 11.62 HP. Kenaikan daya ini di sebabkan oleh pengaruh perubahan spare part racing. Dan menghasilkan torsi terbesar 10,73 Nm pada putaran mesin 6217,92 RPM, kenaikan torsi yang terjadi sebesar 0.33 Nm dari transmisi (transmission) standar dengan torsi maksimum sebesar 10.4 Nm. Kenaikan torsi ini dipengaruhi oleh modifikasi transmisi (transmission) dengan menggunakan sparepart racing, yang mempengaruhi putaran mesin lebih responsif. Kata Kunci: sparepart racing, daya, torsi, dynotest, transmisi (transmission)
Copyrights © 2022