Cakrawala : Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika
Vol 22, No 1 (2022): Maret 2022

Pemanfaatan Aplikasi VN sebagai Media Pembelajaran IPS di Jenjang Sekolah Dasar

Adam Mudinillah (Tinggi Agama Islam Al-Hikmah Pariangan Batusangkar, Sumatera Barat, Indonesia)
Melisa Rezi (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol)
Wita Vricela (Institut Agama Islam Negeri Batusangkar)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2022

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian yang saya lakukanĀ  pemanfaatan media pembelajaran berbasis video menggunakan aplikasi VN editor ini memiliki dampak positif dalam proses pembelajaran di jenjang sekolah dasar. berdasarkan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi VN sangat bermanfaat dalam proses belajar peserta didik di jenjang sekolah dasar. Terkhusus dalam penelitian ini pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial ini dapat dirasakan pemanfaatan ketika mnggunakan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan serta menciptakan motivasi bagi peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran. Media pembelajaran yang berbasis video yang menampilkan beragam gambar yang didukung dengan suara penjelasan dan nada musik yang mengiringi video. Kelebihan yang dapat dimanfaatkan dari aplikasi VN ini pada proses pembelajaran mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial seperti, menambah motivasi peserta didik dalam memahami materi, karena didukung dengan gambar animasi yang menarik. Dalam proses penilaian secara langsung guru mengamati adanya perubahan positif. Dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitaif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Cakrawala difokuskan kepada kajian dan keilmuan bidang Humaniora dan Sosial yang meliputi bidang Bahasa, Komunikasi, ...