Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian
Vol 8, No 1 (2022): April 2022 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian

DAMPAK SEX ROLES STEREOTYPES DAN GENDER STEREOTYPING DALAM RELASI GENDER KELUARGA

Olih Solihin (Prodi Ilmu Komunikasi Unikom)
Zikri Fachrul Nurhadi (Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Garut)
Yuni Mogot (Prodi llmu Komunikasi Universitas Komputer Indonesia Bandung)
Rina Sovianti (Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2022

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dampak stereotip peran seks dan stereotip gender dalam relasi gender pada keluarga generasi X, Y, Z dan Boomer dalam perspektif teori alam, budaya, dan agama terhadap upaya mewujudkan pengarusutamaan gender (PUG). ). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan studi pustaka sebagai sumber utama data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kaitannya dengan teori fitrah, budaya dan pandangan agama Islam mengenai gender, Generasi Y dan Z yang lahir di era teknologi informasi dan komunikasi, memiliki karakter yang menyerupai karakter teknologi itu sendiri, generasi ini menyukai kesederhanaan. aturan hidup, lebih terbuka dan transparan. Sementara itu, Generasi X dan generasi boomer lebih kaku dari generasi-generasi berikutnya. Dalam generasi relasi gender dalam keluarga, laki-laki masih sangat dominan dalam memainkan peran penting dalam pembagian peran strategis terutama dalam bidang pendidikan dan pekerjaan. Kesimpulannya, generasi Y dan Z tidak mengalami masalah dalam relasi gender, sedangkan Generasi X dan generasi boomer masih memiliki masalah. Kata-kata kunci: Gender; keluarga; peran seks; relasi gender; stereotip. AbstractThis study aims to determine the impact of sex roles stereotypes and gender stereotyping in gender relations in the X, Y, Z and Boomer generation families in the perspective of the theory of nature, culture, and religion on the effort to realize gender mainstreaming (PUG). This study uses a qualitative descriptive method with literature review as the main source of research data. The results show that in relation to the theory of nature, culture and Islamic religious views regarding gender, Generation Y and Z who were born in the era of information and communication technology, have characters that resemble the character of technology itself, this generation likes simple rules of life, more open and transparent. Meanwhile, Generation X and the boomer generation are stiffer than the generations that followed. In the generation of gender relations in the family, men are still very dominant in playing an important role in the division of strategic roles, especially in the fields of education and work. In conclusion, generations Y and Z do not experience problems in gender relations, while Generation X and the boomer generation still have problems. Keywords: Gender; family; sex roles; sex relations; stereo tips.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JK

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal komunikasi Universitas Garut diterbitkan bermaksud untuk mengembangkan potensi khususnya bagi dosen ilmu komunikasi Universitas Garut dengan tujuan untuk memperoleh informasi yang disajikan dalam bentuk tulisan jurnal online. Informasi ini, merupakan kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari ...