Jurnal IPA Terpadu
Vol 6, No 1 (2022)

PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI PERKEMBANG BIAKAN TUMBUHAN

Suwarno Suwarno (SMP Ni 4 Tanah Pinoh Barat)
Army Auliah (Universitas Negeri Makassar)
Arfiani Babay (SMP Negeri 4 Sungguminasa)
Sitti Rahma Yunus (Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada materi sistem perkembangbiakan tumbuhan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Rabbani Sintang dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX dengan jumlah 10 orang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi aktivitas peserta didik. Data dikumpulkan dari hasil observasi disetiap siklus, dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis lembar observasi menunjukan adanya peningkatan persentase aktivitas belajar peserta didik  dari  rerata persentase pada siklus I sebesar 79,17%, meningkat pada siklus II dengan rerata persentase sebesar 85,83%, dan pada siklus III meningkat menjadi 96,40%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar peserta didik pada materi sistem perkembang biakan tumbuhan di kelas IX Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Rabbani Sintang  mengalami peningkatan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning

Copyrights © 2022