Progresif: Jurnal Ilmiah Komputer
Vol 18, No 1: Februari 2022

METODE USER CENTER DESAIN DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARSITEKTUR NUSANTARA BERBASIS QR CODE

Yulia Wahyuningsih (universitas katolik darma cendika)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2022

Abstract

Abstrak. Antarmuka pengguna komputer dengan perangkat lunak merupakan jendela untuk melihat kemampuan sistem dalam membantu memenuhi kebutuhan pengguna, tidak terkecuali pengguna pada usia kanak-kanak. Penambahan animasi membuat aktivitas tradisional mewarnai menjadi lebih kekinian dan menyenangkan, sebab animasi merupakan hal yang menarik perhatian anak, dan di sisi lain Arsitektur Nusantara adalah salah satu budaya bangsa yang wajib dilestarikan. Penelitian ini mengimplementasikan metode UCD (user center design) sebagai metode untuk membangun aplikasi pembaca QR code. Metode berfokus pada pengguna sebagai pusat pengembangan aplikasi, yaitu: menentukan konteks penggunaan, menentukan persyaratan pengguna, menghasilkan solusi desain, dan mengevaluasi desain. Berdasarkan hasil Usability Testing dengan System Usability Scale, Media pembelajaran ini dapat digunakan untuk memperkenalkan Arsitektur Nusantara dengan respon positif dari 16 orang tua responden.Kata kunci: Media Pembelajaran Informal; Arsitektur Nusantara; Interaksi Manusia dan Komputer; User Center Design. Abstract. The user interface with the software is a window into the system's ability to help meet user needs, not applying the user at an early age. The addition of animation makes traditional activities more fun and enjoyable, because animation is something that attracts children's attention, and on the other hand, Archipelago Architecture is one of the nation's cultures that must be preserved. This study implements the UCD (user center design) method as a method for building a QR code reader application. The method focuses on the user as the center of application development, namely: determining the context of use, determining user requirements, generating design solutions, and selecting designs. Results Based on Usability Testing with System Usability Scale, this learning media can be used to introduce Nusantara Architecture with a positive response from 16 respondents' parents.Keywords: Informal Learning Media; Archipelago Architecture; Human and Computer Interaction; User Center Design.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

progresif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering

Description

Progresif: Jurnal Ilmiah Komputer adalah Jurnal Ilmiah bidang Komputer yang diterbitkan secara periodik dua nomor dalam satu tahun, yaitu pada bulan Februari dan Agustus. Redaksi Progresif: Jurnal Ilmiah Komputer menerima Artikel hasil penelitian atau atau artikel konseptual bidang ...