Perspektif Komunikasi; Jurnal Ilmu Komunikasi dan Komunikasi Bisnis
Vol 4, No 2 (2020): Perspektif Komunikasi

Pengaruh Promosi Offline dan Online Terhadap Keinginan UMKM Untuk Bermitra dengan SMESCO INDONESIA.

nur, atajudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2020

Abstract

ABSTRAKAktivitas promosi dapat dilakukan baik secara offline maupun online yang bertujuan untuk menarik target market agar memilih produk yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan/lembaga pemerintah atau juga bertujuan untuk menarik target market bergabung menjadi mitra perusahaan.  Promosi menurut Philip Kotler berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah pertama, mengukur pengaruh promosi offline terhadap keinginan UMKM untuk bermitra dengan smesco INDONESIA; kedua mengukur pengaruh promosi online terhadap keinginan UMKM untuk bermitra dengan smesco INDONESIA, dan ketiga mengukur pengaruh promosi offline dan online terhadap keinginan UMKM untuk bermitra dengan smesco INDONESIA. Pendekatan penelitiannya adalah kuantitatif dengan metode survey terhadap 118 responden, sampel UMKM mitra smesco INDONESIA sebagai objek penelitian.  Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitiannya adalah pertama, ada pengaruh yang signifikan (tingkat signifikansi 0,000 < 0,05) dari promosi offline terhadap keinginan UMKM untuk bermitra dengan smesco INDONESIA. Tanpa promosi offline tingkat keinginan bermitra UMKM rendah yakni 5,2 dan dengan promosi offline tingkat keinginan bermitra UMKM bertambah 8,85. Kedua, ada pengaruh yang signifikan (tingkat signifikansi 0,000 < 0,05) dari promosi online terhadap keinginan UMKM untuk bermitra dengan smesco INDONESIA. Tanpa promosi online tingkat keinginan bermitra UMKM rendah yakni 3,5 dan dengan promosi online tingkat keinginan bermitra bertambah 8,12. Ketiga, ada pengaruh yang signifikan (tingkat signifikansi 0,000 < 0,05) dari promosi offline dan online secara simultan terhadap keinginan UMKM untuk bermitra dengan smesco.  Penelitian menunjukan bahwa promosi offline dan online dapat meningkatkan keinginan UMKM untuk menjadi mitra. Tanpa promosi offline dan online tingkat keinginan UMKM untuk bermitra sebesar 5,2, sementara dengan promosi offline dan online tingkat keinginan bermitra bertambah lebih dari 7,5.                                    

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

perspektif

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Focus and Scope Perspektif Komunikasi focuses on writings that contains research and contemporary thinking in the field of Communication Studies in various perspectives and angles include: 1. Political Communication, features cutting-edge theory-driven empirical research at the intersection of ...