Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 6, No 2 (2022): Edisi Maret 2022

KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BATANG KUIS

Nazaruddin Lubis (Unknown)
Fita Fatria (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Dalam Penelitian Ini, Masalah Yang Dikaji Adalah Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kuis Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian Ini Dilakukan Di SMP Negeri 1 Batang Kuis. Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kuis. Metode Penelitian Yang Digunakan Adalah Deskriptif Kualitatif. Objek Dalam Penelitian Ini Adalah Siswa Kelas VIII Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 Teknik Pengumpulan Data Penelitian Ini Adalah Teknik Analisis Data Observasi, Dokumentasi Dan Tes.            Hasil Penelitian Kemampuan Menulis Puisi Siswa menyatakan Menulis Puisi Sebelum Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Belum Mendapatkan Hasil Yang Baik Yaitu Nilai Rata-Rata Siswa Mendapatkan 68.87. Sedangkan Menulis Puisi Setelah Menggunakan Metode Problem Based Learning Sudah Mendapatkan Hasil Yang Baik Yaitu Nilai Rata-Rata Siswa Mendapatkan 85,8.Kata Kunci : Menulis, Metode Problem Based Learning, Puisi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Bahastra

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal yang fokus menerbitkan Penelitian Bahasa; Penelitian Sastra; Penelitian Tindakan Kelas Bahasa; Kajian Pustaka; Pengembangan Bahan Ajar Bahasa; Media Ajar Bahasa; dan Penilaian Pembelajaran ...