Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper)
Vol 7, No 1 (2022): Januari 2022

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MEMBANTU SISWA DALAM BERPIKIR KRITIS

Rineksiane, Natadadya Puspa (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2022

Abstract

Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning diterapkan dalam rangka membantu siswa untuk dapat berfikir kritis terhadap masalah yang ada. Project Based Learning ini berpusat pada pembelajaran yang menghadapkan peserta didik terhadap suatu permasalahan secara berkolaborasi yang mana permasalahan tersebut tidak berstruktur, sehinngga memberikan tantangan tersendiri bagi peserta didik Dalam penerapannya dikelas, siswa dituntuk untuk aktif dan tanggap terhadap masalah yang diberikan. Dengan adanya pembelajaran PBL siswa akan selalu termotivasi untuk terus belajar dan mengasah sofskillnya dalam proses pemecahan masalah. Penerapan metode ini tidak terlepas dari dampak positif dan negatif. Dampak positif yang ditimbulkan adalah membuat siswa berproses lebih baik dan membuat siswa dapat belajar untuk selalu berfikir secara kritis dalam menghadapi suatu permasalahan. Sedangkan dampak buruknya yang timbul secara umum yaitu penerapan metode ini memerlukan biaya yang besar untuk keperluan alat peraga serta waktu yang lama untuk penyiapan konsep hingga perealisasiannya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmanper

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

This journal publishes research results on topics related to the teaching and learning of Office Management Education and other relevant fields of study, especially those carried out in the contexts of Vocational High Schools, higher education institutions, and workplaces. Major topics covered in ...