Sumba Journal of Research and Mathematics Education
Vol. 3 No. 2 (2021)

Kodi Analisis Proses Penyelesaian Soal Matematika Bertipe PISA Di SMP Negeri 1 Kodi

Yohana Kodi (3Program Studi Pendidikan Matematika, Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Weetebula, Indnesia)
Samuel Rex M. Making (3Program Studi Pendidikan Matematika, Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Weetebula, Indnesia)
Dekriati Ate (3Program Studi Pendidikan Matematika, Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Weetebula, Indnesia)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Penelitian itu bertujuan untuk mengetahui sejauh mana proses penyelesaian soal matematika soal bertipe PISA di kelas IXA SMP Negeri 1 Kodi. Subjek penelitian adalah SMP Negeri 1 Kodi dengan jumlah 16 orang. subjek yang di pilih untuk di deskripsikan hasil yaitu 6 orang subjek, keenam subjek di pilih berdasarkan kriteria baik sekali, baik, cukup, kurang, kurang sekali. Masing-masing kategori di pilih untuk di wawancara. jenis data yang di kumpulkan berupa data deskriptif kualitatif dari hasil tes proses penyelesaian soal matematika bertipe PISA. Data  di analisis berdasarkan tahapan polya. Analisis data di lakukan berdasarkan tahap reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Hasil analisis data termasuk dalam kategori kurang siswa yang mampu memahami diperoleh presentase 29%. siswa yang mampu menyusun rencana proses penyelesaian soal di peroleh presentase 28%, siswa yang mampu melaksanakan proses penyelesaian soal diperoleh presentase 18%, sedangkan proses penyelesaian  soal melihat kembali di peroleh presetase (0%). Sehingga dari hasil tersebut menunjukan bahwa analisis proses penyelesaian soal matematika bertipe PISA masih dalam kategori kurang. Kata Kunci: Proses Penyelesaian Soal Matematika Bertip PISA, Polya

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppms

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba (JPPMS) |p-ISSN : 2714-8939 , e-ISSN : 2714-8947| merupakan wahana bagi para peneliti khususnya dibidang pendidikan matematika dalam mengembangkan teknologi pendidikan dan teori-teori pendidikannya khususnya dibidang matematika. Jurnal ini diterbitkan ...