Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS
Vol 4 No 1 (2022): April

PENGARUH MEDIA VLOG (VIDEO BLOGGING) MITIGASI BENCANA COVID 19 TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SMP N 02 RANDUDONGKAL PEMALANG




Article Info

Publish Date
05 May 2022

Abstract

Media vlog (video blogging) menjadi salah satu inovasi media pembelajaran berbasis audio visual untuk siswa SMP kelas VII pada masa pandemi. Materi yang dapat disampaikan pada siswa menggunakan vlog mitigasi bencana covid 19 adalah mata pelajaran IPS dalam bab Interaksi Sosial yang dikaitkan dengan mitigasi bencana covid 19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen Quasi experimental design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design, metode tersebut dapat diketahui hubungan kemungkinan sebab akibat dengan cara memberikan perlakuan pada kelompok eksperimen kemudian membandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan menggunakan pretest dan posttest untuk mencari pengaruh media vlog tersebut terhadap hasil belajar IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan, dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan SPSS pada taraf signifikan 5% menunjukkan adanya perbedaan antara variabel awal dan variabel akhir terdapat pengaruh terhadap perlakuan yang diberikan. Rata-rata nilai posttest kelas kontrol sebesar 68 sedangkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 84, sehingga terdapat peningkatan hasil belajar. Media vlog (video blogging) is one of the innovations of audio visual based learning media for seventh grade junior high school students during the pandemic. The material that can be conveyed to students using the covid 19 disaster mitigation vlog is the social studies subject in the social interaction chapter related to the covid 19 disaster mitigations. The type of research used is a Quasi experimental design research in the form of Nonequivalent Control Group Design, the method can be seen te relationship possible cause and effect by giving treatment to the experimental group and then comparing it with the control group that was not treated using a pretest and posttest to find out the effect of the vlog media on social studies learning outcomes. The result showed that there was a significant increase in learning outcomes, seen from the result of hypothesis testing using SPSS at a significant level of 5% indicating that there was a difference between the initial variable and the final variable that had an influence on the treatment given. The average posttest score for the control class was 68 while the average posttest score for the experimental class was 84, so there was an increase in learning outcomes.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sosiolium

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

This journal provides space for academic and critical thinking to explore social studies learning (Pendidikan IPS--Junior high school course). Subjects suitable for publication include but not limited to; - Social studies Education (Pendidikan IPS--Junior high school course) - Learning media issues ...