AbstrakMaksud dan tujuan pengambilan judul tersebut adalah untuk mengetahui kinerja PDAM dan kepuasan konsumen PDAM. Pengambilan data menggunakan kuesioner, dengan metode teknik sampling dan mendapatkan sampel sebanyak 100 responden yaitu pengguna atau konsumen dari PDAM Tirta Jati Cabang Suranenggala Kabupaten Cirebon. Data – data lain yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan studi pustaka. Penelitian ini menganalisis kinerja pada PDAM dan menghitung tingkat kepuasan konsumen PDAM dengan serangkaian pengujian analisis data. Metode yang digunakan adalah Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) dengan sebelumnya diuji dengan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Setelah dilakuan penelitian , diperoleh data yang menyatakan hasil dari metode Importance Performance Analysis yaitu secara keseluruhan kinerja kualitas pelayanan nilai rata-ratanya adalah 72,07, dengan demikian kualitas pelayanan di PDAM Tirta Jati Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon dapat dikategorikan Baik. Dan Berdasarkan metode analisis Customer Satisfaction Index (CSI) didapat nilai 62,29 yang artinya menurut Kriteria kepuasan pelanggan pada kategori Cukup Puas.Kata Kunci:kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan
Copyrights © 2019