Metode belajar mengajar Numbered Heads Together berhubungan dengan banyak siswa untuk memeriksa pemahaman siswa tentang materi ajar. Metode ini memiliki beberapa prosedur yang diterapkan secara eksplisit untuk memberikan waktu yang cukup untuk berpikir, menjawab, dan saling membantu antar anggota dalam kelompok dan diharapkan dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar yang lebih baik. Tujuannya adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif metode Numbered Heads Together pada mata pelajaran bahasa Inggris. Penelitian eksperimental ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan pendekatan kualitatif serta dilaksanakan dalam dua siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil perbandingan siswa antara siklus I dan siklus II signifikan dan meningkat tajam, artinya siklus II cukup baik dilihat dari motivasi belajar siswa yang terdiri dari Minat (57,33%; 88)%, Konsentrasi (62,67%; 92%), perhatian (56%; 85,33%), ketekunan (61,33%; 87,33%). Peningkatan rata-rata sebesar 26% dari siklus pertama ke siklus kedua.
Copyrights © 2021