Akurasi dan otomatisasi proses pengolahan data sangat dibutuhkan dalam berbagai aktivitas organisasi. Proses pengolahan data pengukuran kinerja guru di SMAN 14 Bandar Lampung selama ini masih dilakukan secara manual menggunakan formulir dan pencatatan. Akibatnya, terjadi proses perekapan secara berulang sehingga muncul kerangkapan data.  Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan sistem informasi manajemen kinerja guru berbasis Key Performance Indicator (KPI) yang mampu memberikan informasi sesuai indikator dan kriteria pembobotan berdasarkan kebijakan sekolah serta menghasilkan proses penentuan kinerja guru secara otomatisasi. Key Performance Indicator (KPI) merupakan serangkaian indikator kunci yang bersifat terukur dan mampu memberikan informasi ketercapaian sasaran strategi yang dibebankan kepada suatu organisasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terciptanya sistem informasi manajemen pengukuran kinerja guru dengan pemanfaatan metode Key Performance Indicator (KPI). Sistem ini memiliki beberapa fitur: pengelolaan data guru; penilaian KPI; dan adanya informasi hasil KPI untuk mengetahui kinerja masing-masing guru. Berdasarkan proses tersebut maka secara otomatis akan tampil informasi hasil keputusan apakah guru memiliki kinerja yang baik atau tidak. Berdasarkan hasil pengujian usability diperoleh hasil sebesar  82,33%, sehingga dapat disimpulkan bahwa responden “sangat setuju” pengembangan tersebut telah sesuai. Berdasarkan pengujian fungsionality diperoleh hasil sebesar 95,83%, sehingga dapat disimpulkan bahwa responden menilai sistem yang dibangun telah “sukses”.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022