Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI)
2007

Rancang Bangun Aplikasi untuk Mengetahui Sikap Perilaku Konsumen pada Karakteristik Produk dengan Metode Model Angka Ideal

Asti Dwi Irfianti (Unknown)
Feby Artwodini Muqtadiroh (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2009

Abstract

Salah satu cara perusahaan dalam mendekatkan diri dengan konsumen adalah mengadakan survei untukmengetahui harapan konsumen akan suatu produk dan mengetahui sikap konsumen setelah menggunakannya.Survei akan lebih sempurna bila pada setiap responden ditanyakan juga tentang produk sejenis dari perusahaanatau merk yang berlainan sebagai data pembanding.Model angka ideal merupakan salah satu cara untuk mengetahui sikap konsumen yaitu denganmembandingkan harapan saat membeli produk dengan kenyataan setelah menggunakan produk tersebut. Modelangka ideal dilakukan dengan menentukan atribut yang akan diteliti, membuat pertanyaan untuk mengukurtingkat kepentingan, yang diharapkan konsumen (disebut ideal) dan mengukur tingkat keyakinan (belief).Oleh karena itu dengan dibuatnya aplikasi untuk mengetahui sikap perilaku konsumen pada karakteristikproduk dengan model angka ideal ini maka dapat membantu perusahaan untuk mendekatkan diri dengankonsumen sehingga perusahaan bisa meningkatkan kualitas produk yang dapat memenuhi harapan konsumen.Kata kunci: ldeal Point Model, Ideal, Belief , Consumer Behaviour.

Copyrights © 2007