Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas)
Vol 6, No 1 (2022): Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas)

Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan berdasarkan Standart (SAK – EMKM) pada UMKM Sepatu di UD. Sonny Jaya Mojokerto

yulfinah yulfinah (Ilmu Admnistrasi Bisnis, Universitas Yudharta Pasuruan)
Titik Komariyah (Ilmu Admnistrasi Bisnis, Universitas Yudharta Pasurua)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

UMKM sepatu Mojokerto UD Sonni Jaya yang terletak didesa Jampirogo adalah salah satu UMKM yang sangat ramai dalam penjualannya. Tetapi dalam pengelolaan keuangan perusahaan, pemilik mengaku kesulitan dalam membuat laporan keuangan. Ikatan Akuntan Indonesia telah menyiapkan SAK-EMKM (Standar Akuntansi Keuangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) yang mulai berlaku per 1 Januari 2018 untuk memudahkan UMKM dalam menyiapkan laporan keuangan usahanya. Pendampingan penyusunan Laporan Keuangan berdasarkan standart SAK-EMKM adalah solusi untuk mengatasi problem pada UMKM sepatu UD. SONNI JAYA. Untuk melaksanakan pendampingan ini, metode yang digunakan adalah metode Participatory Action Research (PAR ). Tahapan pada mtode ini berupa observasi, wawancara, diskusi/ FGD, pendampingandan yang terakhir menghassilkan output.Laporan keuangan yang menggunakan standar SAK-EMKM juga sangat efektif bagi UMKM karena penyusutan laporan keuangan lebih sederhana dari standar SAK-ETAP. Sehingga diharapkan setelah adanya pendampingan kepada UMKM UD. SONNY JAYA, pemilik UMKM mampu membuat laporan keuangan sendiri sesuai dengan standar SAK-EMKM sebagai dasar pengambilan keputusan dan juga mempermudah mendapatkan akses pendanaan (modal). Kata Kunci : Laporan Keuangan UMKM, SAK –EMKM, Metode Partisipatif Action Research (PAR)

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PAMAS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science

Description

Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (PAMAS) dengan E-ISSN : 2685-6301 diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Universitas Respati Indonesia, Jakarta, Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat ini terbit dua kali setiap tahun, yakni pada bulan April dan ...