Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis
Vol. 13 No. 1 (2022): Vol. 13 No. 1 (2022)

Kepercayaan Sebagai Faktor Penguat Niat Untuk Loyal Pada Toko Online




Article Info

Publish Date
02 May 2022

Abstract

Fenomena terjadinya kebocoran data dari pengguna Tokopedia.com membuat ketidaknyamanan dan ketidakpercayaan dalam proses transaksi online untuk tidak terus melakukan pembelian online. Studi ini menguji niat untuk loyal terhadap situs belanja online yang dipengaruhi oleh kepercayaan dengan pembentuknya kenyamanan transaksi, variasi produk yang beragam, jaminan privasi data konsumen, dan keamanan proses transaksi. Pengambilan data menggunakan kuisioner secara online pada pengguna aplikasi Tokopedia sebanyak 200 responden. Hasil pengujian hipotesis menggunakan analisis Structural Equation Modeling metode AMOS menunjukkan kepercayaan menjadi dasar konsumen untu niat loyal pada situs belanja online yang dipengaruhi kenyamanan, variasi produk, privasi, dan keamanan dalam proses transaksi. Hasil ini mengindikasikan bahwa niat loyal konsumen Tokopedia dibentuk adanya tingginya kepercayaan yang didasarkan kenyamanan konsumen, beragamnya varian produk, jaminan privasi data konsumen, dan keamanan proses transaksi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jikb

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November berisi artikel tulisan ilmiah dalam bentuk hasil-hasil penelitian dan non penelitian, kajian analitis, aplikasi teori dan review tentang masalah-masalah bisnis, sistem informasi, dan komputer akuntansi baik di lembaga eksekutif, ...