PRISMA
Vol 10, No 2 (2021): PRISMA Volume 10 No 2 Tahun 2021

Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Posing dengan Edmodo

Septian, Ari (Unknown)
Rahayu, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis akhir siswa setelah menggunakan edmodo lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis awal siswa dan Mengkaji pencapaian indikator kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pendekatan problem posing dengan berbantuan media pembelajaran Edmodo. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X TKJ SMK Cokroaminoto Warungkondang yang berjumlah 20 siswa. Proses pengambilan sampelnya dilakukan dengan menggunakan teknik sampling purposive yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Instrumen yang di gunakan berupa 4 butir soal kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi sistem persamaan linier tiga variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis akhir siswa setelah menggunakan edmodo  lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis awal siswa dan menunjukan Berdasarkan dari hasil penelitian secara keseluruhan pencapaian indikator , diperoleh nilai rata-rata kemampuan Pemecahan masalah matematis yang di analisa sesuai dengan kemampuan siswa yaitu : 76% berada Pada kriteria baik. Dengan ketercapaian tertinggi pada indikator Mengidentifikasi unsur yang diketahui, ditanyakan, dan kecukupan unsur yang diperlukan (melaksanakan rencana). Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis akhir siswa setelah menggunakan edmodo lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis awal siswa.Pencapaian indikator kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pendekatan problem posing dengan berbantuan media pembelajaran Edmodo baik

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...