JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha
Vol. 9 No. 2 (2018)

PENGARUH SELF-EFFICACY, METODE MENGAJAR, DAN MINAT TERHADAP KEBERHASILAN STUDI MAHASISWA (Studi Kasus Pada Alumni Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha)

I Nyoman Adi Gunawan (Unknown)
Nyoman Trisna Herawati (Unknown)
Anantawikrama Tungga Atmadja (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2018

Abstract

Abstrak  Keberhasilan studi mahasiswa merupakan suatu hal yang ingin dicapai mahasiwa yang dapat diukur dengan tiga indikator yaitu Indeks Prestasi Komulatif (IPK), lama masa studi, dan lama masa tunggu masuk kerja setelah lulus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy, metode mengajar, dan minat terhadap keberhasilan studi mahasiswa.  Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh alumni mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha angkatan tahun 2014. Sampel diambil dengan teknik Random Sampling. Responden dalam penelitian ini sebanyak 70 orang responden. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS v. 20.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan studi mahasiswa, variabel metode mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan studi mahasiswa, variabel minat berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan studi mahasiswa.  

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

S1ak

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

IMAT ( Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi ) Undiksha provides a medium for disseminating novel articles related to economy and business among international academics, practitioners, regulators, and public. JIMAT accepts articles any research methodology that meet the standards established for ...