Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha
Vol. 1 No. 1 (2013): Juli

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BCCT (BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME) BERBANTUAN MEDIA BENDA SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK

Aryanti, Ni Made Wiwin (Unknown)
Suarni, Ni Ketut (Unknown)
Ambara, Didith Pramunditya (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2013

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan kognitif pada anak kelompok B semester II tahun pelajaran 2012/2013 setelah diterapkannya model pembelajaran BCCT berbantuan media benda sederhana di PAUD Karakter Kusuma Pertiwi Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah anak Kelompok B di PAUD Karakter Kusuma Pertiwi Singaraja Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013, sebanyak 10 orang anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi berupa lembar format observasi mengenai perkembangan kognitif anak kelompok B. Data hasil penelitian pada lembar observasi selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap perkembangan kognitif  pada anak sebesar 11 %. Pada siklus I sebesar 71% yang berada pada kategori sedang, menjadi 82% pada siklus II  yang berada pada kategori tinggi. Jadi, adanya peningkatan terhadap perkembangan kognitif anak B setelah dilaksanakannya penerapan model pembelajaran BCCT berbantuan media sederhana. Kata kunci : model pembelajaran beyond center and circle time, perkembangan kognitif, media benda sederhana.   Abstract This class activity research aims for enhancing the cognitive capabilities for B group students in their second semester of 2012/2013 after the help of unpretentious media for BCCT study model had been applied at  PAUD Character Kusuma Pertiwi Singaraja. This research is a class activity based research which is  commenced on two cycles. The research subject is ten B grouped in their second semester 2012/2013 period. In this research, the aggregation of data will be done through observation method, which consists B grouped students cognitive development. The result of the research on the forms will be analyzed further with statistic descriptive analysis method. The analysis shows that there is 11% excalation towards students cognitive development. In the first cycle with 71%, mediocre level, it jumps into 82% in the second cycle, high level category. Therefore, itis proven that the untilization of unpretentious media for BCCT study model increased the cognitif development of students in the B group. Key words: beyond center and circle time model, cognitive development, unpretentious media

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JJPAUD

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is an open access peer-reviewed scientific journal published by Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. The journal publishes different kinds of scientific articles based on the field research and program in the area ...