Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha
Vol. 2 No. 1 (2014): Juli

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI BERBANTUAN MEDIA KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK KELOMPOK A TK KUMARA SARI DENPASAR

., Ni Luh Eni Agustini (Unknown)
., Prof. Dr. Anak Agung Gede Agung,M.Pd (Unknown)
., Prof. Dr. Ni Ketut Suarni,MS (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan anak dalam bidang pengembangan kemampuan bahasa melalui penerapan model pembelajaran artikulasi berbantuan media kartu gambar pada anak kelompok A semester I di Taman Kanak-Kanak Kumara Sari tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa TK Kumara Sari Semester I di Kelompok A, pada Tahun Akademik 2013/2014. Data kemampuan berbahasa dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Data selanjutnya dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan bahasa anak pada siklus I sebesar 59,06% yang berada pada kategori rendah ternyata mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85,62% yang berada pada kategori tinggi. Ada peningkatan kemampuan bahasa anak sebesar 26,56% setelah menerapkan pembelajaran dengan menggunakan model artikulasi berbantuan media kartu gambar. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran artikulasi berbantuan media kartu gambar dapat meningkatkan pengembangan kemampuan bahasa anakKata Kunci : model pembelajaran artikulasi, media kartu gambar, kemampuan bahasa This research was aimed to determine the improvement in concept development of language ability through the model of articulation learning by using media of pictures card in group A the first semester at Kumara Sari Kindergarten in academic year 2013/2014. This research was an action research. This research was done in two cycles. The subjects of this study were the students of Kumara Sari Kindergarten in group A the first semester in academic year 2013/2014. The data of the development about language ability was collected by using the method of observation instrument. Data were analyzed by using descriptive statistics. The results of data analysis showed that there was an improvement in language ability at the first cycle 59,06% which was in the low category. There was an improvement in the second cycle 85,62% which is in the high category. The improvement in achievement language ability was 26,56% after apply the model of articulation learning by using media of pictures card. It could be concluded that the model of articulation learning by using media of pictures card could improve the students’s language ability.keyword : model of articulation learning, pictures card media, language ability

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JJPAUD

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is an open access peer-reviewed scientific journal published by Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. The journal publishes different kinds of scientific articles based on the field research and program in the area ...