Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha
Vol. 9 No. 1 (2021): April

Model Pembelajaran Berbasis Karakter Konservasi untuk Anak Usia Dini

Nisa, Fitriyan (Unknown)
Gede Agung, Anak Agung (Unknown)
Tegeh, I Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2021

Abstract

Kurangnya pemahaman anak terhadap karakter konservasi yang disebabkan oleh salah satunya adalah kurang tepatnya pendidik dalam memilih model, metode, strategi atau pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis karakter konservasi untuk Anak Usia Dini kelompok B. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, prosedur penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yaitu: tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini melibatkan siswa kelompok B. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menemukan bahwa hasil uji ahli isi diperoleh persentase skor 83,70% dengan kualifikasi baik, persentase skor hasil uji perorangan 85.66% dengan kualifikasi sangat baik. Sehingga, model pembelajaran ini dinilai layak digunakan dalam pembelajaran. Implikasi penelitian ini diharapkan memberikan dampak pada karakter anak menjadi lebih baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JJPAUD

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is an open access peer-reviewed scientific journal published by Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. The journal publishes different kinds of scientific articles based on the field research and program in the area ...