Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Vol. 16 No. 1 (2019): Edisi januari 2019

Pengaruh Penggunaan Media Virtual Reality Terhadap Hasil Belajar Anak Kelompok B Pada Tema Pengenalan Binatang Buas

I Made Sukaryawan (UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA)
Nyoman Sugihartini (UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA)
I Made Ardwi Pradnyana (UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2019

Abstract

AbstrakPengaruh media Virtual Reality terhadap hasil belajar anak kelompok B pada tema pengenalan binatang buas Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Virtual Reallity terhadap rata-rata hasil belajar anak kelompok B pada tema pengenalan binatang buas diTK wangun sesana, (2) untuk mengetahui respon anak usia dini diTK Wangun Sesana Singaraja setelah menggunakan media Virtual Reality pengenalan binatang buas. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu (quasi experiment) dengan menggunakan model pembelajaran klasikal, sampel penelitian yang digunakan adalah anak kelompok B di TK Wangun Sesana tahun ajaran 2018/2019.Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat perbedaan pada hasil belajar anak yang menggunakan media virtual reality dengan siswa yang menggunakan media kartu bergambar diTK Wangun Sesana dengan rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen adalah 9,50 dan untuk rata-rata hasil belajar untuk kelas control yaitu sebesar 6,74. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa  rata-rata post test hasil belajar pada kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan kelompok kontrol  (2) Hasil dari analisis respon siswa dari penerapan media Virtual Reality pada tema Pengenalan Binatang Buas dilihat dari rata – rata skor respon siswa sebesar 4,54 adalah termasuk dalam kategori sangat positif

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPTK

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) is a journal managed by the Faculty of Engineering and Vocational, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). The scope of this journal covers the fields of Education, Electrical Engineering, Informatics, Computer Science, Information System, ...