Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat model pembelajaran tutor sebaya berbantuan komik matematika berbasis pendidikan karakter dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan desain penelitian Model 4-D oleh Thiagarajan dan Semmel (1974). Model 4-D terdiri dari tahap define, design, develop dan desseminate. Namun, tahap desseminate tidak dilaksanakan karena adanya keterbatasan waktu. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VII SMP PGRI 1 Denpasar sebagai subjek penelitian. Responden pada uji coba terbatas sebanyak 16 orang terdiri atas 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Responden pada uji lapangan I sebanyak 36 orang dan pada uji lapangan II sebanyak 38 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi, kuisioner, angket dan tes uraian. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa skor kemampuan pemecahan masalah siswa pada uji coba lapangan I adalah 79,81 (kategori baik) dan meningkat menjadi sebesar 81,5 (kategori baik) pada uji coba lapangan II. Karakteristik LKS komik antara lain: (a) memperkenalkan tokoh pekerja keras dan mandiri, dan (b) menyajikan permasalahan yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa. Sedangkan, karakteristik RPP yang diterapkan antara lain: (a) memberikan ruang kepada siswa untuk saling bertukar pikiran dengan teman sebaya, (b) melatih siswa menjadi lebih komunikatif, dan (c) memberikan kesempatan untuk mengkonstruksi konsep secara mandiri.
Copyrights © 2020