Syntax Idea
Vol 2 No 7 (2020): Syntax Idea

Pengaruh Edukasi Farmasi Terhadap Pengetahuan Dan Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Hipertensi Peserta Prolanis Di Puskesmas Kaliwedi Kabupaten Cirebon

Indri Dwi Rahasasti (Unknown)
Neni Laeliyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2020

Abstract

Hipertensi merupakan penyakit kronis yang harus membutuhkan waktu pengobatan yang cukup lama sehingga mempengaruhi kepatuhan minum obat. Ketidakpatuhan dengan program terapi merupakan masalah yang besar pada pasien hipertensi. Ketidakpatuhan pasien hipertensi dapat terjadi akibat kurangnya pengetahuan dan pemahamannya mengenai tata cara pengobatan. Tujuan pemberian edukasi farmasis pada pasien hipertensi peserta Prolanis di Puskesmas Kaliwedi adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kepatuhan minum obat pasien hipertensi dalam menjalani pengobataanya sehingga tujuan dari terapi hipertensi dapat tercapai. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan one group pre-test and post-test designe, pengambilan sampel menggunakan metode total sampling memperoleh responden sebanyak 50 orang. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh edukasi farmasis terhadap pengetahuan dan kepatuhan minum obat yang signifikan dari pasien hipertensi peserta Prolanis. Dari hasil uji wilcoxon diperoleh nilai p-value untuk variabel pengetahuan dan kepatuhan adalah 0,000 (p<0,05) yang menunjukkan terdapat perbedaan nilai pengetahuan yang signifikan sebelum dan setelah edukasi farmasis.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

syntax-idea

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Agriculture, Biological Sciences & Forestry Automotive Engineering Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Computer Science & IT

Description

Syntax Idea. Jurnal Ilmiah Indonesia adalah jurnal yang diterbitkan oleh Ridwan Institute. Syntax Idea akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cakupan bidang ilmu umum. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, kajian atau telaah ilmiah kritis dan komprehensif atas isu penting dan ...