Jurnal Manajemen dan Bisnis
Vol 2 No 2 (2019)

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN NASABAH PEGADAIAN

Oniansyah (Universitas Teknologi Sumbawa)
Nova Adhitya Ananda (Universitas Teknologi Sumbawa)
Reza Muhammad Rizqi (Universitas Teknologi Sumbawa)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan nasabah. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan nasabah PT. Pegadaian Unit Seketeng, Kecamatan Sumbawa dengan sampel sebanyak 100 orang. Instrument yang digunakan adalah kuisioner dan alat analisis yang digunakan adalah SPSS versi 16. Jenis data yakni data primer yang diperoleh secara langsung melalui hasil penyebaran kuisioner dengan penilaian skala Likert 1-4. Uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas serta teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dan uji asumsi klasik yang digunakan yakni, uji parsial (uji t), uji simultan (uji f) dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah, variabel fasilitas tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah, dan secara bersama-sama kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan nasabah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jmb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB) merupakan sarana publikasi ilmiah yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai pengembangan manajemen dan bisnis di Indonesia. JMB diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Sumbawa setiap 6 bulan. Jurnal di publis bulan ...