Penelitian ini merupakan hasil penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan menjawab tentang bagaimana strategi komunikasi pemasaran melalui digital marketing pada home inddustri kopi cahaya robusta sumbawa, dalam menjalankan pemasran, promosi dan komunikasi yang di lakukan melaui media digital, untuk menarik minat konsumen yang aktif menggunakn media digital. Metode pendekatan dengan purposive sampling dalam menentukan informan pada penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan informan dengan observasi, pengamatan dengan dalam penelitian ini yaitu komunikasi melalui digital marketing. Strategi komunikasi melalui digital marketing yang dilakukan oleh home industry kopi cahaya robusta sumbawa adalah untuk mempromosikan produk dan memperkenalkan cahaya robusta. Keefektifan penggunaan dapat dilihat dari bebrapa bentuk keuntungan yang di hasilkan dalam penggunaan media digital marketing diataranya, kemudahan dalam pengenalan, kemudahan dalam hal penjualan, dan berkomunikasi. Dari hasil penelitian diharapkan cahaya robusta dalam hal melakukan digital marketing tidak hanya berfokus pada instagram, facebook dan youtube alangkah baiknya ketika mampu mengkolaborasikan media sosial yang digunakan dengan aplikasi lain seperti website, blog, shope dan lainya. Diharapkan digital marketing yang telah dijalankan Cahaya Robusta dapat lebih ditingkatkan lagi agar promosi dan komunikasi dapat berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil yang optimal.
Copyrights © 2021