Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol 12, No 2 (2020): JURNAL ARABIA

Metode Musābaqah Biṭāqah Mukhtaliṭul Kalimah (MBMK) Sebagai Strategi Active Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Azhar Alam (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Umi Nur Kasanah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode Musābaqah Biṭāqah Mukhtaliṭul Kalimah dan mengetahui tingkat ke-efektifannya dalam pembelajaran bahasa Arab. Tindakan dalam penelitian ini dilaksanakan dalam dua kegiatan. Masing-masing kegiatan terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 KMA C pondok pesantren Darusy Syahadah Boyolali yang berjumlah 37 siswa putri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian lapangan/Field Research dengan pendekatan kualitatif dan dilengkapi dengan data kuantitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Dalam pembelajaran bahasa Arab ditemukan beberapa problematika yang menghambat jalannya proses pembelajaran, diantaranya yaitu adanya rasa kebosanan pada siswa dan kurangnya keaktifan siswa dalam kelas. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa metode MBMK terbukti dapat meningkatkan keaktifan dan semangat belajar siswa yang berimbas pada meningkatnya hasil belajar siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran MBMK efektif diterapkan/diaplikasikan dalam pembelajaran bahasa Arab. 

Copyrights © 2020