ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Vol 9, No 1 (2021): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal

Stimulasi Perkembangan Anak dengan Memanfaatkan Barang Bekas di Era New Normal

Yuniatari Yuniatari (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Suyadi Suyadi (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan permainan puzzle jam yang dibuat dari barang bekas dapat menstimulasi perkembangan anak di era new normal. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukan observasi partisipan pada warga yang tinggal di Perumahan Graha Kencana Blok RR no. 12 dengan subjek penelitian ada 3 anak yang berusia 5-6 Tahun dan 2 orang tua yang mendampingi anak bermain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan puzzle jam yang terbuat dari barang bekas dapat menstimulasi perkembangan anak di era new normal, baik perkembangan kognitif, fisik motorik, sosial emosional, bahasa, moral agama, seni dan kreativitas anak. Permainan ini mudah dimainkan oleh anak, baik dengan pendampingan maupun dilakukan secara mandiri.

Copyrights © 2021